Sabtu, 05 Februari 2011

PERPISAHAN PPL STAI PERSIS GARUT

Dalam kurun waktu yang begitu singkat tidak terasa selama dua pekan lamanya peserta PPL STAIPI Garut telah melaksanakan kewajiban aktivitasnya sebagai mahasiswi, dimana mereka telah menempuh tugasnya yaitu program praktik lapangan selama dua pekan. Hal tersebut direspon positif oleh berbagai pihak, bahwa dengan adanya PPL STAIPI PERSIS Garut Ukhuwah Islamiyyah lebih kuat, kerjasama pendidikan lebih meningkat, program kaderisasi regenerasi lebih dipersiapkan dan dimatangkan. apalagi PPL STAIPI yang merupakan satu organisasi dimana program ini bisa mempererat ukhuwah demi terciptanya ummat yang tafaquh fiddin. 
H. Enang S, M,Ag. selaku pembimbing PPL mengatakan bahwa program ini diarahkan supaya kinerja calon pendidik dan pendidik mampu mempersiapkan, menyajikan, dan mematangkan dalam pengadministrasian selaku pendidik/ guru (Ustadz). Administrasi guru perlu dipersiapkan sebagaimana mestinya, karena hal ini bisa dinilai baik, jika prosesi pendidikan disajikan sebelumnya. Keberhasilan anak/peserta didik tergantung pada persiapan pendidik/gurunya, kesuksesan pendidik dinilai baik jika lengkap dengan administrasinya. sebaik-baiknya mengajar atau mendidik walaupun outputnya baik tanpa ada bukti secara administratif, tetap pengajaran tersebut dinilai kurang efektif dan kurang edukatif. Administrasi guru/pendidik tidak hanya dilakukan atau dipersiapkan pada waktu PPL saja, tidak hanya dibuat untuk melengkapi sertifikasi dan akreditasi saja, tetapi Administrasi tersebut harus dipersiapkan, harus disajikan sebagaimana mestinya. Kesuksesan seseorang tergantung pada perencanaannya, keberhasilan seseorang akan tergantung pada persiapan sebelumnya.  Output santri/siswa akan jelas berbeda, jika setiap pendidikan/pengajaran dipersiapkan dengan matang. Tetapi jika sebaliknya persiapan/ perencanaan tidak dimatangkan, maka hasilnya pun akan berbeda dengan pendidikan yang direncanakan. Ingat pendidikan bukan dadakan, tapi pendidikan adalah didikan. Pengajaran bukan ngajaran, tapi pengajaran adalah arahan.
Mudir Tsanawiyyah Al Ust, Drs. Sodikin mengatakan bahwa dengan kehadirannya PPL STAIPI Garut akan berdampak lebih positif, dimana kita adalah generasi yang akan membangun dan mensukseskan agenda pendidikan PERSIS pada khususnya dan masyarakat serta bangsa pada umumnya. PPL merupakan moment yang begitu signifikan baik bagi pesertanya maupun para Asatidz sebagai guru pamongnya.
Dalam masa perkembangan pendidikan yang kini semakin kompetitif perlu suatu tenaga pendidik yang kompeten, yang siap membangun generasi Islam, generasi bangsa demi terciptanya Ummatan Muslimatan. Disamping itu juga tidak lepas dari pengakuan dan penilaian pemerintah bahwa pendidikan harus jelas produktif, baik secara administratif, kualitatif maupun kuantitatif. Karena pendidikan akan selalu dikontrol, diawasi secara universal. Oleh karena itu mari kita persiapkan kader guna membangun cita-cita organisasi dan bangsa kita, guna mempersiapkan generasi Islam yang Tafaqquh fiddin dan Rohmatan lil 'alamin". 

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Admin 96 Visit Original Post Islamic2 Template